Menang Dari Perancis, Tunisia Harus Tersingkir Dari World Cup 2022

Menang Dari Perancis, TUnisia Harus Tersingkir Dari World Cup 2022

topmetro.news – Akhir november merupakan matchday terakhir Grup D dalam lanjutan Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Kesebelasan Tunisia menghadapi Kesebelasan Perancis. Laga Pamungkas ini dilaksanakan pada tanggal hari Rabu 30/11/22, pada laga ini Tunisia berhasil menang tipis atas Perancis dengan skor 1-0. Meski menang, Tunisia harus rela tersingkir dari babak penyisihan Grup D World Cup 2022.

Nasib kurang baik dialami oleh Tunisia, pasalnya pada waktu bersamaan Timnas Australia juga meraih kemenangan atas Denmark dengan skor 1-0, hal ini membuat Australia lolos dengan perolehan 6 poin, sementara Tunisia harus rela tersingkir. Kemenangan atas Perancis ini membuatnya hanya mengoleksi 4 poin saja selama babak penyisihan Grup, sehingga perolehan poin tersebut masih tidak mampu mengantarkan Tunisia lolos ke babak 16 besar dalam lanjutan World Cup 2022.

Setelah memastikan Perancis lolos ke babak 16 besar , nampaknya pada laga pamungkas ini Kesebelasan Perancis dihuni oleh pemain lapis dua, dan hanya menyisakan dua pemain inti yaitu Aurelien Tchouameni dan Raphael Varane.Meski demikian kesebelasan Perancis terbilang mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Laga pamungkas ini menjadi laga hidup dan mati bagi Kesebelasan Tunisia. Perlawanan cukup sengit juga berhasil ditunjukkan oleh para pemain Tunisia. Menit ke-8 Tunisia berhasil membuahkan gol melalui sontekan Nadher Ghandri yang mendapat umpan melalui tendangan bebas yang dikirim oleh rekan setimnya. Namun gol tersebut dianulir oleh hakim garis, dikarenakan posisi Ghandri sudah dalam kondisi offside.

Pantang Menyerah

Tunisia terus berusaha mencetak gol, peluang cukup baik kembali didapatkan pada meni 30. Peluang ini berawal dari umpan lambung yangg dikirim oleh Laidouni yang disambut dengan baik melalui sundulan Ben Slimane. Namun sayangnya sundulan dari Ben Slimane masih mengarah tepat di pelukan Steve Mandanda yang bertugas sebagai Kiper Perancis.

Berselang 5 menit, Tunisia kembali mendapat peluang terbaik melalui sepakan keras dari Wahbi Khazri. Peluang tersebut berasal dari halauan yang kurang baik dari Varane yang jatuh pada Wahbi. Kemudian ia melepaskan  tembakan keras, namun tendangannya masih bisa ditepis dengan sempurna oleh Mandanda.

Hingga berakhirnya babak pertama skor masih sama kuat yakni 0-0. Memasuki 45 menit kedua, Tunisia kembali menekan jantung pertahanan Perancis melalui serangan yang mereka susun. Memasuki menit 58 akhirnya kebuntuan berhasil terpecahkan melalui gol yang dicetak Wahbi Khazri. Gol semata wayang ini membuat Tunisia unggul 1-0 atas Perancis

Gol yang dicetak Wahbi ini bermula dari kesalahan lini tengah Perancis dalam menguasai bola. Sehingga bola berhasil direbut oleh Aissa Laidouni, yang kemudian ia mengirim bola terobosan ke Wahbi Khazri. Kali ini Wahbi Khazri tidak mau membuang kesempatan untuk kesekian kalinya, yang mana ia mampu mengecoh Mandanda dengan mengarahkan bola ke jangakuan jauh, sehingga memuat bola dengan sempurna masuk ke gawang Perancis.

Dengan situasi tertinggal, membuat kesebelasan Perancis mulai memberi perlawanan dengan serangan-serangan yang mereka susun. Namun sayangnya hingga berakhirnya babak kedua pErancis tidak mampu menciptakan gol penyeimbang. Meski kalah, Perancis tetap melaju ke babak 16 besar dalam lanjutan Piala Dunia 2022.

Penulis | Rifat

Related posts

Leave a Comment